Kamis, 29 November 2012

SISTEM INFORMASI KESEHATAN

Pengertian system informasi kesehatan                                                                                   Integrasi antara perangkat, prosedur  dan kebijakan yang digunakan untuk mengelola siklus informasi secara sistematis untuk mendukung pelaksanaan manajemen kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam kerangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Informasi kesehatan selalu diperlukan dalam pembuatan program kesehatan mulai dari analisis situasi, penentuan prioritas, pembuatan alternatif solusi, pengembangan program, pelaksanaan dan pemantauan hingga proses evaluasi terhadap pelaksanaan program-program kesehatan.
Perkembangan sistem informasi rumah sakit yang berbasis komputer di Indonesia telah dimulai pada akhir dekade 80’an. Salah satu rumah sakit yang pada waktu itu telah memanfaatkan komputer untuk mendukung operasionalnya adalah Rumah Sakit Husada. Departemen Kesehatan dengan proyek bantuan dari luar negri,juga berusaha mengembangkan sistem informasi rumah sakit pada beberapa rumah sakit pemerintah dengan bantuan oleh tenaga ahli dari UGM. Namun tampaknya komputerisasi dalam bidang per-rumah sakit-an kurang mendapatkan hasil yang cukup memuaskan oleh semua pihak.

 Komponen system kesehatan :

  1. Service delivery (pelaksanaan pelayanan kesehatan)
  2. Medical product, vaccine, and technologies (produk medis, vaksin, dan teknologi kesehatan)
  3. Health worksforce (tenaga medis)
  4. Health system financing (system pembiayaan kesehatan)
  5. Health information system (sistem informasi kesehatan)
  6. Leadership and governance (kepemimpinan dan pemerintah) 
Contoh sistem informasi Kesehatan
     Penggunaan Kartu Berobat pada rumah sakit, puskesmas di kota - kota besar. Sebelum membuat kartu berobat itu pasti pasien akan ditanya berbagai hal mengenai identitasnya dan menganai keluhan penyakitnya. Kartu itulah yang akan menjadi identitas saat berobat ke rumah sakit, puskesmas itu lagi.  
http://www.ph-gmu.org/index.php?mod=pendidikan&sub=simkes&act=view&typ=html
http://log.viva.co.id/news/read/359016-sistem-informasi-kesehatan-di-indonesia
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar